Apakah Anda tahu bahasa cinta Anda? Apakah Anda tahu bahasa cinta pasangan Anda? Apakah Anda tahu dengan memahaminya akan membantu hubungan dalam pernikahan Anda?

Hari ini saya ingin membahas sebuah buku yang sudah mengubah cara saya melakukan pendekatan untuk setiap hubungan dalam hidup saya, apakah itu hubungan romantis dengan anggota keluarga, dengan rekan bisnis atau bahkan dengan teman.

Sementara Anda melihat The 5 Love Languages (5 Bahasa Cinta) yang dibuat oleh Gary Chapman bertujuan untuk membantu pasangan menciptakan sebuah hubungan cinta yang sehat, saya menemukan bahwa secara keseluruhan filosofinya juga bisa diterapkan untuk interaksi personal pada umumnya.

Dalam buku ini dideskripsikan bahwa terdapat beberapa bahasa yang berbeda berkaitan dengan cara kita untuk mengekspresikan diri kita dalam berkomunikasi, menyampaikan ide dan pikiran, selain itu ada pula “Love Languages” (Bahasa Cinta) lain yang berkaitan dengan cara kita mengekspresikan cinta atau perasaan kita satu sama lain. Sama seperti orang yang berbicara dengan bahasa yang berbeda menghadapi kesulitan dalam berkomunikasi dan mengerti satu sama lain, “berbicara” dalam bahasa cinta yang berbeda bisa menyebabkan kesalahpahaman dan masalah dalam hubungan dengan pasangan.

Melalui banyak contoh nyata dalam hidup yang ditemukan selama 35 tahun menjadi konselor hubungan dalam keluarga, Gary Chapman menggambarkan dengan jelas apa yang ia identifikasikan sebagai 5 bahasa cinta utama yang paling sering digunakan. Dalam gaya tulisannya yang sederhana tetapi jujur, Gary Chapman menggambarkan bahasa cinta sebagai berikut : Word of Affirmation (Kata-kata Afirmasi), Acts of Service (Tindakan Melayani), Quality Time (Waktu Berkualitas), Receiving Gifts (Menerima Hadiah) dan Physical Touch (Sentuhan Fisik), melalui suatu cara yang lebih mudah dimengerti.

Buku ini diawali dengan suatu ikhtisar tentang apa yang terjadi setelah menikah dan mengapa pada awalnya orang jatuh cinta dan kemudian dilanjutkan dengan ide dari Love Languages (Bahasa Cinta) sebelum menjelaskan secara detail dari setiap bahasa yang dimaksud.

Pada intinya ia melihat bahwa seringkali orang merasa tidak didengarkan atau dicintai oleh pasangan mereka karena mereka tidak menyadari usaha yang dilakukan oleh pasangan mereka untuk mengekspresikan cinta.

Sebagai contoh, orang yang cenderung suka dengan Acts of Service (Tindakan Melayani) mungkin akan merasa yakin telah mengekspresikan cinta dan devosi mereka terhadap pasangannya dengan membantu melakukan pekerjaan rumah, mencuci piring atau bahkan membuang sampah tetapi jika partner mereka adalah orang yang cenderung suka dengan Quality Time (Waktu Berkualitas), mereka mungkin merasa lebih tertarik untuk menghabiskan waktu berdua dengan pasangannya dan tidak melihat bahwa membantu mengerjakan pekerjaan rumah  sebagai tindakan yang dilakukan karena cinta.

Chapman menjelaskan bagaimana cara mengidentifikasi dan mempelajari bahasa cinta pasangan kita untuk memperbaiki hubungan romantis Anda. Konsep dari buku ini adalah dengan mempelajari bahasa cinta yang digunakan oleh pasangan Anda akan membantu Anda untuk menunjukkan rasa cinta Anda dengan cara yang bisa mereka mengerti.

Sebuah profil analisis juga tersedia di bagian akhir buku ini untuk membantu Anda mengindentifikasi bahasa cinta satu sama lain.

Saya menyimpulkan bahwa secara keseluruhan filosofi dari buku ini cukup akurat, bukan hanya sekedar teori saja, tetapi lebih mengarah sebagai petunjuk praktis tentang bagaimana cara menciptakan cinta yang abadi dan bagaimana melakukannya.

Gaya tulisan Gary Chapman mungkin tidak cocok untuk semua orang, mungkin sedikit basi dan terasa seperti kotbah karena ia adalah seorang yang cukup aktif dalam kegiatan gereja. Tetapi ide dari konseps Love Languages (Bahasa Cinta) secara umum telah diterima oleh komunitas konseling pernikahan dan membuat The 5 Love Languages (5 Bahasa Cinta) menjadi buku yang banyak dibaca sehingga menjadi buku paling laris di banyak penjuru dunia.

Untuk mengetahui Bahasa Cinta Anda, Silahkan ikuti Kuesioner Bahasa Cinta.

Ditulis oleh Daniel Arseneault
habisnikahngapain.com
Diterjemahkan oleh Vera Herlambang
Awalnya diterbitkan dalam bahasa inggris di
bookmattic.com