Rasa cinta pada pasangan sangat penting dalam pernikahan. Agar pernikahan bisa lebih hidup, suami dan istri harus mulai meninggalkan orang tua dan memulai hidup baru bersama. Dari saat itu mereka harus saling menjadi no 1 di urutan prioritas satu sama lain. Hal ini tidak berarti mereka tidak cinta atau tidak peduli kepada orangtuanya. Hal ini cuma berarti prioritas utama kita bergeser dari orangtua kepada pasangan kita.

 

Inilah beberapa alasan kenapa hal ini penting:

  1. Menunjukkan rasa hormat dan menghargai pada pasangan

Ketika suami atau istri anda tahu bahwa dia ada di prioritas anda, ini akan menimbulkan ikatan pernikahan yang lebih kuat. Jika seorang istri selalu mengadu kepada ibunya mengenai segala permasalahannya sebelum bercerita pada suaminya, maka bisa jadi akan timbul perasaan tidak dipercayai sebagai pasangan. Begitu pun dengan suami. Ketika anda berdua berbicara sebagai pasangan mengenai masalah yang anda hadapi, ini akan menguatkan pernikahan anda. Pendapat orangtua tentu penting, namun usahakan dengan kehadiran anda berdua sebagai suami dan istri, bukan secara diam-diam tanpa diketahui pasangan. Hal ini bukan berarti anda tidak boleh menghabiskan waktu tanpa pasangan dengan orangtua anda, hal ini cuma berarti berpaling pada orangtua saat menghadapi masalah bukan lagi menjadi pilihan utama anda.

 

  1. Menunjukkan pada pasangan dan orangtua anda bahwa pernikahan anda kuat

Jika suami atau istri selalu berkeluh kesah kepada orangtua tentang pasangannya, pernikahan anda bisa terancam. Seorang Ibu dari seorang wanita muda yang baru menikah, bercerita bahwa anaknya terus menerus bercerita tentang keburukan suaminya. Masalahnya sepele sebenarnya, seperti suaminya terlalu sering menonton tv, atau segala kebiasaan kecil lainnya. Ketika hal ini terjadi terus menerus maka orangtua akan berpikir anaknya menikahi seorang pecundang, walaupun ada banyak hal baik yang anda sukai dari pasangan.  Jika orangtua menilai negatif pasangan anda karena anda selalu mengeluhkan kebiasaan buruk pasangan, maka ketika ada suatu masalah dan anda memerlukan masukan dari orangtua biasanya mereka akan kurang objektif karena telah berpandangan negatif. Ketika anda menempatkan pasangan sebagai prioritas, maka orangtua dan pasangan anda akan melihat betapa pernikahan anda sangat penting untuk anda.

 

  1. Menciptakan Keintiman yang kuat dengan pasangan

Ketika anda fokus pada pasangan maka kebutuhan akan satu sama lain akan terpenuhi. Ada ikatan yang terjalin dari kedekatan dan pengalaman yang dilalui bersama yang tidak dapat diciptakan dengan cara lain. Keintiman semacam ini membuka pintu untuk kehidupan pernikahan yang lebih romantis. Jika anda tidak merasa bahwa anda adalah yang utama bagi pasangan, maka keintiman seperti ini akan susah didapatkan.  Membiarkan orang tua anda sebagai prioritas dapat membuat hubungan dengan suami atau istri menjadi terganggu. Seorang wanita bercerita bahwa mertuanya menelepon suaminya setiap malam sebelum tidur. Dia berkata, “Baru saja kami memiliki waktu untuk berduaan setelah anak kami tidur, dan telepon dari mertua saya berdering.” Pada malam lainnya ketika kami sedangan berpelukan, telepon itu berdering dan kami sudah tau siapa yang menelepon. Suami saya merasa memiliki kewajiban untuk menerima telepon dari ibunya, dan hal ini mengambil banyak jatah waktu keintiman kami. Pasangan ini menyelesaikan masalahnya dengan sang suami berbicara kepada ibunya bahwa malam sebelum tidur bukanlah waktu yang tepat untuk menelepon. Kemudian mereka menentukan waktu yang lebih sesuai untuk mereka berdua. Orangtua biasanya meninginkan anaknya memiliki pernikahan yang bahagias dan akan menyetujui permintaan seperti suami wanita tersebut. Dengan melakukan tindakan itu, si istri menyadari betapa pentingnya dia bagi suaminya. Menetapkan batasa dengan orangtua dengan cara yang baik dan penuh cinta sangatlah penting. Menjaga kedekatan dengan orangtua sangat penting, dan hal itu dapat dilakukan tanpa membahayakan kehidupan pernikahan anda.

 

  1. Ketika segala sesuatu terasa berat, kalian dapat saling menopang

Dengan menempatkan pasangan di urutan teratas, tidak aka nada kecurigaan mengenai kesetiaan dari dan kepada pasangan anda. Ada pasangan yang bercerita ketika sang suami gagal dalam bisnis. “Istri saya selalu mendampingi saya, menyemangati saya, walaupun usaha saya bangkrut, walaupun orangtua dan orang lain mengkritik saya, saya tahu pasti istri saya akan selalu setia mendampingi saya.” Tidak ada orang yang memilih untuk gagal, namun jika hal itu terjadi maka akan lebih nyaman jika anda tahu bahwa pasangan anda selalu ada untuk menopang anda. Pasangan anda adalah pendukung terbesar anda. Cinta dan dukungan dari orangtua tentunya penting, namun pada akhirnya pasangan andalah yang aka nada bersama anda setiap saat.

 

  1. Ketika orangtua anda meninggal, memiliki pasangan di sisi anda akan membantu menenangkan

Memiliki hubungan yang baik dengan pasangan membuat anda lebih kuat menahan rasa sakit dan pedih. Jika anda adalah orang yang sangat hormat dan cinta pada orangtua sambil tetap memprioritaskan pasangan anda maka kenangan anda akan jauh lebih manis dan pernikahan anda akan menjadi jauh lebih kuat.

 

*PERHATIAN

Jangan menghindari orangtua anda. Selalu libatkan mereka dalam hal yang bisa anda nikmati bersama pasangan anda juga. Hubungan yang baik dengan orangtua akan membantu hubungan pernikahan anda juga. Anda dan pasangan bisa mencapai hubungan seperti itu juga dengan menempatkan satu sama lain sebagai prioritas.

 

Sumber Artikel dari www.familyshare.com
Ditulis oleh Gary and Joy Lundberg
garyandjaylundberg.com
Diterjemahkan oleh Dian Sari

 

Newsletter signup

Just simple MailerLite form!

Please wait...

Selamat Anda telah bergabung! Silahkan cek email Anda untuk mendapatkan link download eBook GRATIS dari kami.