Jadilah Perubahan yang Ingin Anda Lihat

Dear Sahabatku,

Saat saya terjebak dalam masalah pernikahan saya beberapa tahun yang lalu, frustasi terbesar saya muncul karena ketidakmampuan saya dalam meyakinkan istri saya untuk mempertimbangkan perceraian dan bahwa masih ada banyak hal yang bisa kami lakukan untuk menyelamatkan pernikahan kami. Faktanya, semakin rasional dan tak terbantahkan penjelasan yang saya berikan, maka semakin istri saya membantah pernyataan saya dan akhirnya berubah jadi kemarahan. Semakin masuk akal bukti yang saya berikan untuk memperkuat pendapat saya, semakin dia tidak mau mendengar dan akhirnya dia menarik diri. Mengapa dia menolak perubahan dalam pernikahan kami, jika saya pikir hal itu bisa membantu hubungan kami? Dan apa yang harus saya lakukan jika kondisinya seperti ini. Dan di sinilah mulai muncul pertanyaan yang paling banyak dipertanyakan: “Bagaimana cara mengubah pasanganku?”

Sahabatku, dalam usaha untuk meningkatkan hubungan Anda dengan pasangan, saat itu Anda mungkin berpikir bahwa segala sesuatunya akan lebih baik kalau saja pasangan Anda mau berubah atau kalau saja dia mau melakukan hal ini. Ketika kita melihat segala sesuatu dari sudut pandang kita, sangat mudah sekali kita menemukan kesalahan orang lain dan bahkan kita akan dengan mudah menyalahkan tindakan mereka. Selama ini, kita selalu berpikir bahwa jika itu masuk akal bagi kita, maka pasti akan masuk akal juga bagi orang lain, bukan? Baiklah Teman, maaf kalau kali ini saya tidak setuju dengan Anda, tapi jangan sampai Anda terjerumus lebih dalam lagi. Jika pada posisi Anda , Anda memutuskan untuk mencoba mengubah pasangan Anda menjadi apa yang Anda inginkan, jangan kaget jika Anda akan menerima penolakan-penolakan.

Tampaknya, dari budaya kita, orang-orang akan menolak untuk berubah, apapun yang terjadi. Tapi benarkah? Apakah orang-orang benar-benar tidak menginginkan perubahan? Baiklah, jika Anda melihat pada hakikat manusia lebih dekat lagi, saya rasa bukanlah perubahan itu yang kita tolak. Apa yang cenderung orang-orang tolak adalah perubahan yang dibebankan pada mereka.

Coba Anda pikirkan. Kita tidak akan keberatan dengan perubahan yang secara sukarela kita lakukan. Tapi saat kita merasa dipaksa untuk berubah, kita akan berusaha sekuat tenaga menolaknya. Faktanya, saya sangat yakin bahwa tak seorangpun dalam sejarah dunia ini, mau berubah karena orang lain yang menyuruhnya. Faktanya, orang akan berubah hanya jika dan saat dia siap untuk berubah. Saya katakan sekali lagi.

Orang hanya akan berubah jika dan ketika dia siap untuk berubah.

Pasangan Anda mungkin sedang tidak ingin berubah demi pernikahan kalian sekarang, tapi bukan berarti dia tidak menginginkan pernikahan yang luar biasa. Setiap orang menginginkan pernikahan yang berhasil. Dan mereka akan berubah jika berubah adalah keinginan mereka sendiri. Maksudnya, mereka ingin berubah karena keinginan mereka sendiri bukan karena paksaan dari orang lain.

Sahabatku, pasangan Anda akan berubah ketika mereka siap untuk berubah, bukan semenit sebelumnya, atau sedetik sebelumnya. Dan semakin Anda memaksa mereka, menyinggung mereka, membentak mereka atau bahkan memohon kepada mereka, semakin mereka tidak mau berubah. Saya tahu, menunggu adalah hal yang tidak menyenangkan, tapi Anda perlu membiarkan perubahan itu datang dari diri mereka sendiri.

Seseorang mungkin bisa menginspirasi pasangan Anda untuk berubah, tapi sayangnya orang itu bukan Anda. Orang asing akan lebih bisa berpengaruh untuk pasangan Anda. Pengalaman akan lebih menggetarkan pasangan Anda daripada segala sesuatu yang Anda katakan padanya.

Sekarang Anda mungkin sedang berpikir, “Okay, saya mengerti, tapi tidak adakah hal yang bisa saya lakukan untuk menginspirasi pasangan saya? Ya, ada! Anda bisa menjadi teladan bagi pasangan Anda dan biarkan pasangan Anda melihat bahwa pilihan yang Anda buat dapat mempengaruhi apa yang Anda rasakan terhadap diri Anda dan pernikahan Anda. Anda tahu, Anda harus berhenti meyakini bahwa pernikahan Anda tidak akan berubah jika pasangan Anda tidak mau berubah. Percayalah, tidak ada cara lain untuk menginspirasi pasangan Anda agar mau berubah selain Anda terlebih dahulu yang mau melakukannya. Dan percayalah, perubahan dari salah satu dari Anda saja sudah bisa menciptakan perbedaan yang dramatis. Ini seperti halnya 2 bahan dalam suatu resep untuk membuat makanan tertentu. Misalnya Anda mencampurkan kopi dengan garam, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang enak, tapi coba ganti kopinya dengan sup atau ganti garamnya dengan gula. Anda akan melihat bahwa perubahan dari satu orang saja bisa mengubah total hubungan Anda.

Sahabatku, kita semua pernah mendengar ungkapan dari Mahatma Ghandi “Jadilah perubahan yang ingin Anda lihat” kan? Baiklah, sebenarnya ini adalah sebuah nasihat yang bagus, dan meskipun sebenarnya Ghandi tidak mengatakannya persis seperti itu, saya sangat setuju dengan ide ini. Gagasan tentang menjadi perubahan yang ingin Anda lihat memiliki 3 hal yang luar biasa jika kita menerapkannya :

1. Membuat kita berhenti menyalahkan orang lain;

2. Kita tidak mengeluh tentang orang lain sebelum merefleksikan keluhan itu pada diri kita sendiri.

3. Meyakinkan kita untuk mengontrol diri kita.

Sahabatku, tolong pikirkan tentang hal ini untuk beberapa hari ke depan dan daripada berfokus pada apa yang bisa membuat pasangan Anda berubah untuk meningkatkan keharmonisan rumah tangga Anda, coba pikirkan cara bagaimana seharusnya Anda berubah untuk meningkatkan hubungan Anda.

 

Nantikan email saya dalam beberapa hari kedepan.

 

Sampai nanti,

Be loving.