Dear Sahabatku,

 

Bagaimana Anda tahu kalau Anda sudah menikah dengan orang yang tepat?

Ini pertanyaan serius, lho. Bagaimana Anda mengetahuinya?

 

Ini jawabannya!

 

Hubungan adalah sebuah siklus. Pada awalnya, Anda jatuh cinta dengan pasangan Anda. Dulu Anda sangat menantikan telepon darinya, menginginkan sentuhan darinya, dan menyukai kebiasaan-kebiasaan kecil mereka. Tapi, itu masih sebagian kecilnya. Faktanya, jatuh cinta adalah pengalaman yang benar-benar spontan. Anda tidak perlu melakukan apapun. Itulah sebabnya disebut jatuh cinta. Karena perasaan itulah yang sedang terjadi pada Anda.

 

Orang yang sedang kasmaran akan mengatakan, “aku jatuh cinta.” Dari pernyataan kiasan tersebut kita bisa tahu, bahwa jatuh cinta menunjukkan sebuah perasaan pasif dimana kita sedang jatuh dan tidak melakukan apapun karena itulah yang terjadi pada kita. Orang menganggap jatuh cinta sebagai sebuah perasaan yang terjadi pada kita, tapi cinta yang sejati butuh tindakan dari kita. Jatuh cinta itu mudah, karena jatuh cinta adalah sebuah pengalaman yang spontan dan pasif. Tapi untuk mempertahankannya membutuhkan tindakan.

 

Beberapa tahun setelah pernikahan, eforia cinta mulai menghilang. Ini adalah sebuah siklus yang normal pada setiap hubungan. Pelan tapi pasti, telepon dari pasangan akan menjadi gangguan (jika terlalu sering), sentuhan tidak selalu hangat dan menyenangkan, dan kebiasaan kecil pasangan Anda yang dulunya tampak lucu kini membuat Anda kesal.

 

Setiap hubungan mengalami gejala yang bervariasi ketika memasuki tahap ini. Tapi jika Anda mengamati pernikahan Anda, Anda akan mendapati perbedaan yang cukup dramatis yaitu ketika Anda dalam tahap awal (di saat Anda jatuh cinta) dan momen-momen selanjutnya yang melelahkan dan menjengkelkan.

Pada titik ini, mungkin Anda atau pasangan Anda mulai bertanya-tanya, “Apakah aku menikahi orang yang tepat?” Dan ketika Anda dan pasangan Anda mengenang eforia cinta yang pernah Anda miliki, Anda mungkin mulai menginginkan pengalaman tersebut terulang dengan orang yang berbeda.

Sahabatku, inilah momen dimana banyak pernikahan yang mulai hancur. Orang-orang menyalahkan pasangannya karena ketidakbahagiaan mereka dan mencari pemuasan dari luar. Hal ini bisa terjadi lewat berbagai bentuk dan level. Perselingkuhan adalah bentuk yang paling sering muncul, tapi terkadang ada beberapa orang yang mengalihkan perhatiannya pada pekerjaan, gereja, hobi, pertemanan, televise, media social, atau bahkan alcohol dan narkoba.

Sayangnya, solusi dari permasalahan ini tidak terletak di luar, melainkan di dalam pernikahan Anda sendiri.

Saya tidak mengatakan kalau Anda tidak bisa jatuh cinta dengan orang lain. Anda bisa. Dan Anda akan merasa lebih baik saat itu. Tapi Anda akan kembali berada di situasi saat Anda jatuh cinta dengan pasangan Anda. Sehingga kemungkinan terjadinya hal buruk dengan pasangan baru Anda juga bisa terjadi. Karena, KUNCI KEBERHASILAN SEBUAH PERNIKAHAN BUKANLAH MENEMUKAN ORANG YANG TEPAT, TAPI BELAJAR MENCINTAI ORANG YANG SUDAH ANDA PILIH.

Menjaga api cinta agar tetap menyala bukanlah pengalaman yang pasif dan spontan. Hal itu tidak akan terjadi begitu saja pada Anda. Anda tidak bisa menemukan cinta yang abadi. Anda harus menciptakannya setiap hari. Itulah mengapa ada istilah “cinta butuh perjuangan”. Karena cinta butuh waktu, usaha, dan energi. Dan yang paling penting, cinta butuh kebijaksanaan. Anda harus tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat pernikahan Anda berhasil.

Jangan salah memahaminya. Cinta bukanlah misteri. Ada hal-hal tertentu yang bisa Anda lakukan (dengan atau tanpa pasangan Anda) untuk membuat pernikahan Anda berhasil.

Seperti halnya ada hukum fisik mengenai alam, sebuah hubungan juga memiliki hukum-hukum. Seperti jika kita melakukan diet dan olahraga yang benar, kita akan menjadi lebih kuat dan sehat. Demikian halnya dengan sebuah hubungan. Kebiasaan-kebiasaan tertentu dalam hubungan Anda akan membuat pernikahan Anda semakin kuat. Itu adalah sebab dan efek yang langsung bisa Anda dapatkan. Jika Anda tahu hukum-hukum tersebut dan menerapkannya, hasilnya akan luar biasa dan Anda bisa menciptakan sebuah cinta.

 

Nantikan email saya dalam beberapa hari kedepan.

 

Sampai nanti,

Be loving