Saat mendekati penghujung tahun, orang-orang sering menengok kembali pencapaiannya pada tahun itu, hal yang telah dilakukan dan belum dilakukan dan juga harapan yang telah dipenuhi. Penuh dengan kegembiraan yang dibawa oleh musim liburan dan antisipasi penuh harapan tahun depan, untuk beberapa alasan, hari-hari terakhir tahun ini, dan tahun baru yang akan datang, banyak orang termotivasi untuk membalik halaman dan mendapatkan awal yang baru. Mereka biasanya melakukan olahraga lebih banyak, atau makan lebih baik, berhenti kebiasaan buruk seperti merokok atau minum, atau bahkan mengikuti kursus, atau belajar sesuatu yang baru, seperti bahasa. Sekarang, dalam usaha untuk mengambil bagian dalam tradisi Resolusi Tahun Baru yang sudah tua ini, dan sesuai dengan semangat liburan serta dengan filosofi di balik Habis Nikah, Ngapain ? saya ingin menawarkan beberapa saran. untuk Resolusi Tahun Baru yang bisa mengisi tahun depan dengan rasa prestasi diri, kedamaian batin, dan mudah-mudahan hubungan yang lebih baik antara Anda dan pasangan Anda, dan lebih banyak kebahagiaan dalam pernikahan Anda.

 

Resolusi 1 – Belajarlah Untuk Menjernihkan Pikiran Anda dan Meditasi

Dengan tekanan sehari-hari meyerang kita dari segala arah seringkali sulit untuk rileks dan membersihkan pikiran kita. Kita semua punya tagihan untuk dibayar, harus mengurus anak-anak yang sakit, masalah kerja untuk ditangani dan satu juta hal lain untuk dipikirkan setiap saat setiap hari. Apakah mengherankan jika hidup kita begitu penuh dengan stres?

 

Tahun ini, bantulah diri Anda sendiri dan perlambat laju kesibukan Anda, meski hanya untuk beberapa menit dalam sehari. Resolusi pertama yang saya rekomendasikan adalah memulai praktik meditasi pagi hari. Bagaimana itu akan membantu Anda? Nah, pertama-tama, bayangkan bahwa pikiran Anda adalah gelas besar yang penuh dengan air. Ibaratkan segala sesuatu yang ada dalam pikiranmu sebagai sesendok lumpur dan aduk. Masalah uang? Satu sendok lumpur dan aduk. Masalah anak-ana? Satu sendok lumpur dan aduk. Tenggat waktu kerja? Satu sendok lumpur dan aduk. Suara aneh setiap kali Anda menghidupkan mobil? Satu lagi lumpur, dan aduk. Sekarang, coba lihat airnya. Anda tidak bisa, kan? Terlalu berlumpur untuk dilihat. Itu normal. Tidak mungkin memusatkan perhatian pada satu hal saat semuanya bergerak di dalam kaca. Anda tidak bisa melihat dengan jelas. Hal yang sama untuk pikiran Anda. Tidak mungkin melihat semuanya dengan jelas saat semua masalah ini melayang-layang dalam pikiran Anda.

 

Meditasi membantu Anda membersihkan semuanya. Selama beberapa menit setiap hari, berhentilah memikirkan semua ini dan fokus pada pernapasan Anda. Itu dia. Hanya nafas Anda. Hirup pelan-pelan, tahan, perlahan hembuskan, jeda, dan lakukan lagi. Jika pikiranmu mengembara? Biarkan saja, maafkan dirimu, dan fokus lagi pada pernapasanmu. Semakin lama itu akan semakin mudah dan pikiran Anda mengembara jauh lebih sedikit. Apa yang dilakukannya adalah berhenti mengaduk. Berhenti bergerak di sekitar pikiran Anda. Apa yang terjadi jika Anda berhenti mengaduk air berlumpur di gelas? Lumpur akhirnya mengendap di bagian bawah, dan Anda bisa melihat dengan jelas melalui kaca. Hal yang sama bisa dikatakan untuk pikiranmu yang berat. Begitu Anda memulai meditasi harian, tidak terlalu lama, mungkin 10 atau 15 menit, Anda akan melihat perubahan hampir seketika. Anda akan memulai setiap hari baru dengan pikiran yang lebih jelas dan ini membuat lebih mudah untuk menangani hal-hal yang datang dengan cara Anda setiap hari dengan cara yang bebas dari stres.

 

Resolusi 2 – Belajar Mensyukuri Yang Anda Dapatkan

Saya pikir terutama sepanjang tahun ini, kita sering melihat-lihat dan melihat begitu banyak orang yang kurang beruntung dari kita. Penting untuk menyimpan ini dalam perspektif dan untuk selalu mengakui, dan menghargai semua yang Anda dapatkan dalam hidup Anda. Saya tahu betapa mudahnya terjebak oleh kehidupan dan pekerjaan sehari-hari dan berhenti memperhatikan semua yang kita miliki. Sebaliknya, kita cenderung berfokus pada semua hal yang belum kita dapatkan dan itu menentukan kecepatan bagaimana kita memandang hidup kita. Tahun ini, buatlah waktu, setiap pagi, untuk memulai hari Anda dengan menulis daftar sepuluh hal dalam hidup Anda yang Anda hargai, yang Anda syukuri. Ini bisa menjadi sesuatu yang sebesar berterima kasih untuk kesehatan Anda, dan untuk keluarga Anda, atau bisa juga sesuatu yang sepele seperti bersyukur air mengalir, untuk tidur yang nyenyak, atau untuk sinar matahari yang menerangi dapur Anda dengan menyenangkan pagi ini juga. Biasakan melakukan ini selama 5 sampai 10 menit setiap pagi dan lihatlah bahwa hidup Anda berubah drastis karena ini memiliki efek mengubah fokus Anda ke hal-hal positif dalam hidup Anda dan, mari kita hadapi, sangat sulit untuk menjadi pemarah dan dalam Suasana hati yang buruk saat Anda bersyukur atas semua yang Anda miliki, bukan?

Kebetulan, menurut beberapa survei dan artikel oleh publikasi bisnis terkemuka seperti Forbes, Business Insider, dan CNBC, bersyukur adalah indikator kesuksesan yang pasti dan merupakan kebiasaan sehari-hari yang direkomendasikan oleh orang-orang sukses seperti Oprah Winfrey, Richard Branson dan Tim Robbins.

 

Resolusi 3 – Selalu Berbuat Baiklah Kepada Orang Lain

Entah itu kepada pasangan Anda, anak-anak Anda, atau bahkan petugas parkir atau wanita di bilik kecil di jalan tol, selalu baik untuk bersikap baik kepada orang lain. Anda mungkin merasakan stres pada hari Anda, atau keadaan mungkin tidak sesuai dengan keinginan Anda, tapi itu bukan alasan untuk tidak ramah kepada orang lain. Kita sering melewati hari-hari kita tanpa memperhatikan orang-orang yang membuat hidup kita lebih mudah. Seringkali orang-orang ini melakukan pekerjaan yang tampak sepele atau tidak penting, tetapi dalam skema besar, mereka sama seperti Anda dan saya, berusaha membuat hidup mereka lebih baik, untuk mereka dan keluarga mereka, sering bekerja berjam-jam dalam hal sulit, atau pekerjaan yang tidak disenanginya.

 

Biasakan untuk berterima kasih, dan memuji, setiap orang yang membantu hari Anda, setiap orang dalam hidup Anda. Seberapa sulit melihat mata kasir dengan senyuman dan mengucapkan terima kasih karena telah segera ditanya? Seberapa sulit memberi terima kasih kepada orang yang berjaga-jaga, membantu Anda dengan menghentikan lalu lintas yang masuk? Betapa sulitnya mengucapkan terima kasih kepada istri Anda atas makanan lezat yang disiapkannya dan bahkan memuji dia pada sosoknya? Betapa sulitnya mengucapkan terima kasih kepada suami Anda karena telah mengantar keluarga dengan selamat ke rumah setelah berbelanja, dan untuk tetap tenang bahkan setelah dipotong jalannya oleh sopir yang buruk?

 

Ini mungkin tampak sepele, namun menunjukkan apresiasi, dan dampak yang mungkin terjadi pada seseorang –tidak diragukan– lagi pasti positif. Bayangkan teller bank memberitahu teman-temannya bagaimana wanita baik ini begitu baik dan bahkan memujinya dengan warna lipstiknya. Bayangkan petugas parkir di mal mendapatkan seseorang mengucapkan terima kasih dan semoga hari ini menyenangkan. Ini memiliki efek membawa sedikit warna dalam kehidupan manusia, dan biasanya mereka akan menyebarkannya, karena ketika kita merasa bahagia, kita cenderung membuat orang lain juga merasa bahagia. Jadi di tahun baru, jadikan sebagai penebar kebahagiaan kemanapun Anda pergi. Biayanya sama sekali tidak mahal, hanya sedikit waktu, senyum dan pikiran, dan coba tebak? Itu tidak hanya mempengaruhi orang lain! Anda juga akan merasa jauh lebih baik, dan lebih ceria karenanya.

 

Resolusi 4 – Senyumlah Lebih Sering

Apakah kita tersenyum karena kita merasa baik, atau bahagia? Atau apakah kita merasa baik dan bahagia karena kita tersenyum? Sepertinya keduanya benar. Penelitian telah menetapkan bahwa postur fisik dan ekspresi wajah sama dengan hasil dari suasana hati kita sebagai penyebab suasana hati kita. Bila Anda yakin, Anda cenderung berdiri tegak, dan, coba tebak? Berdiri tegak meningkatkan tingkat kepercayaan diri Anda. Sama saja dengan tersenyum. Tidak hanya menjadi bahagia membuat Anda tersenyum tapi tersenyum juga menyebabkan Anda merasa lebih bahagia, jadi mengapa tidak memulai sekarang?Mari kita hadapi itu, kita semua tahu dampak senyum pada kita. Bayangkan berdiri dalam barisan panjang di supermarket dan tiba-tiba, orang asing melihat Anda. Anda bisa merasakan kegembiraan di sekujur tubuh Anda seketika. Senyum tidak menghasilkan apa-apa selain memberikan banyak hal kepada dunia, dan untuk diri kita sendiri. Jadi, ketahuilah ini, mengapa tidak mencoba tersenyum lebih sering di Tahun Baru? Mengapa tidak menyebarkan perasaan baik yang tersenyum dapat merangsang orang lain dan pada saat yang sama mendapatkan manfaat penuh dari itu untuk diri sendiri?Selain itu, Anda tidak akan pernah tahu dampak nyata senyum Anda terhadap seseorang. Kita jarang mengetahui beban yang dibawa oleh orang-orang yang kita temui setiap hari, kita tidak tahu jalan yang mereka hadapi dan terkadang, mungkin senyum sederhana bisa mengubah jalannya seseorang, kehidupan seseorang. Anda memiliki jumlah senyum yang tidak terbatas untuk diberikan dengan bebas, dan mereka hanya bisa menguntungkan penerima sekaligus Anda sendiri, mulailah sekarang dan sering tersenyum. Tidak hanya untuk orang asing di jalan, tapi untuk pasangan Anda dan anak-anak Anda, di rumah. Senyuman menular, dan begitu Anda mulai memberi mereka kebebasan kepada semua orang di sekitar, mereka akan kembali kepada Anda sepuluh kali lipat.

 

Resolusi 5 – Letakkan HP Anda

Di dunia yang bergerak cepat saat ini, kita merasa perlu untuk selalu mengetahui dan menjadi berita terakhir. Teknologi adalah alat yang hebat dan kemunculan ponsel pintar memberi kita dunia di telapak tangan kita. Masalahnya, saat kita fokus pada apa yang sedang terjadi di dunia pada umumnya, kita sering lupa melihat dunia disekitar kita, pada orang yang paling penting bagi kita. Seberapa sering Anda melihat pasangan atau keluarga duduk di restoran, masing-masing anggota keluarga memusatkan perhatian pada layar telepon mereka sambil menunggu makanan tiba? Ibu sedang mengecek Instagramnya, Eka kecil sedang memainkan game online terbaru, Si remaja Dian mengobrol di Line dan ayah sedang membaca berita olahraga. Apa ini cara untuk keluar bersama keluarga? Di Tahun Baru, buat janji untuk meletakkan telepon Anda setiap kali Anda bersama seseorang, entah itu keluarga Anda, teman dan kolega Anda, atau terutama pasangan Anda. Letakkan telepon ke bawah. Tidak ada bisnis, tidak ada berita, tidak ada permainan dan tidak ada teman jauh yang lebih penting daripada orang-orang yang hadir bersamamu saat ini, jadi buat mereka merasa penting, dan fokuskan pada mereka. Sekarang, saya tahu sebagian dari kita bergantung pada telepon kita untuk bisnis dan pekerjaan dan jika Anda berada di jam kerja, atau ahli bedah otak yang dapat menyelamatkan nyawa seseorang, dengan segala cara, permisi dan jawab telepon, tapi mari kita hadapi itu, sebagian besar Pada saat itu, bagi kebanyakan dari kita, semua yang kita lakukan pada ponsel atau perangkat kita, adalah membunuh waktu karena kita tidak memiliki apapun untuk dikatakan kepada orang-orang di sekitar kita. Bukankah ini menyedihkan? Saya meminta Anda untuk Tahun Baru, untuk mencoba berhubungan kembali dengan orang-orang yang dekat dengan Anda dan untuk melibatkan mereka dalam percakapan. Dengarkan apa yang anak Anda katakan tanpa menghakimi atau mengganggu mereka, dengarkan pasangan Anda dan tunjukkan minatnya. Pikirkan topik yang akan melibatkan mereka dan buatkan pertukaran dan Anda akan terkejut mengetahui betapa kecilnya Anda benar-benar mengenal orang-orang yang tinggal di bawah atap Anda, anggota keluarga Anda.

 

Selanjutnya, saya sangat menyarankan agar Anda meluangkan waktu tanpa telepon satu jam sebelum tidur. Pertama-tama, seperti yang ditunjukkan dalam banyak artikel di situs seperti sleep.org, CNN, Live Science and Business Insider, banyak ahli telah menyatakan bahwa cahaya telepon dan perangkat Anda mungkin menghalangi Anda dari tidur nyenyak yang kita semua butuhkan, namun lebih banyak lagi. Jadi, ini memberi Anda waktu untuk berbicara satu lawan satu dengan pasangan Anda, mungkin menjadi intim dan menyenangkan dan memberi Anda dan pasangan Anda kesempatan besar untuk terhubung setiap hari. Ini saja pasti akan pergi jauh untuk membantu hubungan Anda tetap segar, menarik dan penuh kasih.

 

Resolusi 6 – Sentuh Lebih Banyak

Sentuhan sederhana Salah satu survei tersebut menemukan bahwa kasir yang secara fisik menyentuh tangan pelanggan saat menyerahkan kembali perubahan mendapatkan peringkat layanan pelanggan yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukannya. Studi lain dengan jelas menunjukkan bahwa sentuhan memberi sinyal keamanan dan kepercayaan, menenangkan tekanan kardiovaskular dan meningkatkan respons welas asih kita. Bahkan sentuhan sehari-hari seperti pelukan atau jabat tangan diyakini menyebabkan pelepasan oksitosin neurokimiawi, yang juga dikenal sebagai “hormon cinta”, yang meningkatkan kemungkinan seseorang memperlakukan Anda “seperti keluarga,” bahkan jika Anda baru saja bertemu.

 

Bayangkan kemudian efek sentuhan pada orang yang Anda cintai. Tahun yang akan datang ini, membuat resolusi untuk menyentuh orang yang Anda cintai lebih sering. Luangkan beberapa saat di pagi hari, sebelum bangun dari tempat tidur, dan berpelukan dengan pasangan Anda, cium mereka dengan lembut dan pegang erat-erat. Sepanjang hari, temukan kesempatan untuk menyentuh mereka, apakah itu tangan lembut di bahu saat Anda menuangkan secangkir teh, atau pelukan dan ciuman sebelum berangkat kerja. Jangan remehkan kekuatan sentuhan sederhana. Membuat pagi itu selamat tinggal ciuman panjang, lezat, lembut dan penuh kasih akan membuat pasangan Anda merindukan kepulangan Anda. Sentuhan lembut lembut di pinggang saat Anda berjalan akan menunjukkan bahwa Anda merasa terhubung dan akan membuat pasangan Anda tahu bahwa mereka dicintai dan dihargai. Menjalankan tangan Anda melalui rambut pasangan Anda, atau di belakang leher mereka sambil memeluk di sofa menonton TV adalah tanda pasti bahwa Anda mencintai mereka dan menikmati kehadiran mereka.Sentuhan mudah diberikan, dan ini sangat membantu untuk menunjukkan kepada pasangan Anda bagaimana perasaan Anda terhadapnya, namun juga memberi efek membuat Anda merasa lebih terhubung dengan pasangan Anda dan merasa lebih mencintai mereka. Jadi tunggu apa lagi? Bersentuhanlah di Tahun Baru!

 

Resolusi 7 – Habiskan Lebih Banyak Waktu Dengan Pasangan Anda

Saya menyadari bahwa di masyarakat saat ini, waktu adalah komoditas langka dan dengan segala tuntutan kehidupan kita yang sibuk, hari-hari kita semakin pendek dan pendek dengan sedikit atau tanpa waktu untuk orang yang kita cintai dan keluarga. Tahun yang akan datang ini, saya ingin menyarankan agar Anda memberi lebih banyak waktu untuk bersama pasangan Anda.

 

Percayalah, Anda tidak akan menyesalinya. Saat saya melihat kembali kehidupan pernikahan saya dan saya memikirkan sepanjang waktu saya bekerja, atau di depan TV, atau online, atau bahkan dengan teman dan bukan dengan istri saya, saya bertanya-tanya apa dampak menghabiskan lebih banyak waktu bersama istri saya. Bisa saja menikah. Jangan salah sangka, saya merasa kita menghabiskan banyak waktu bersama tapi tetap saja, apakah semua itu benar-benar berkualitas? Apakah saya memperhatikannya, apakah saya mendengarkannya? Apakah kita bersama menjadi fokus utama saat ini atau apakah saya terlalu sibuk memikirkan aktivitas itu sendiri?

Kita semua memiliki jadwal yang padat dan jika Anda melihat semua jadwal Anda, apakah itu tiga kali seminggu Anda pergi ke gym, atau makan siang mingguan Anda bersama teman Anda, atau biliar Jumat malam, atau bahkan berita malam Anda di TV, atau acara TV favorit Anda, kita semua menyediakan waktu untuk sesuatu atau lainnya. Jadi, apa yang saya minta dari Anda untuk tahun yang akan datang adalah membuat prioritas pasangan Anda, setidaknya seminggu sekali, dan menjadwalkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama mereka, hanya berdua saja. Tuliskan di dalam agenda Anda dan patuhi itu secara religius seperti ibadat mingguan Anda, atau sinetron favorit Anda, atau bahkan pertandingan sepak bola Anda. Setidaknya seminggu sekali, masukkan ke jadwal Anda untuk meluangkan waktu, berdua saja dan fokus dengan pasangan Anda. Gunakan waktu ini, jangan bicara tentang anak-anak atau tagihan, atau sesuatu yang logistik, tapi untuk membicarakan impian, pemikiran, buku yang pernah Anda baca, atau tempat yang ingin Anda kunjungi. Buat ini tentang Anda berdua, tentang perasaan Anda, tentang sesuatu yang menyenangkan. Belajar untuk tertawa bersama lagi; belajar berbicara dan saling mendengarkan satu sama lain. Lakukan ini dan saya dapat menjamin bahwa ini akan membantu Anda membangun kembali hubungan Anda dengan pasangan Anda dan membawa hubungan Anda ke tingkat yang baru.

 

Sekarang, saya sangat menyadari bahwa kebanyakan dari kita membuat resolusi tahunan dan bahwa sebagian besar resolusi ini akhirnya tidak dijaga, tapi bantulah diri Anda tahun ini. Tuliskan resolusi ini dan setiap pagi, lakukan daftar Anda dan berpeganglah pada itu, dan saya dapat memberitahu Anda bahwa setelah beberapa saat, itu akan menjadi kebiasaan yang mudah dijaga dan Anda akan segera menyadari betapa bermanfaatnya hal ini bagi hidup Anda, dan untuk kehidupan orang-orang di sekitar Anda. Tidakkah kamu layak untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan bahagia? Tidakkah Anda ingin pasangan dan anak Anda memiliki kehidupan yang lebih bahagia? Nah teman-teman saya, kebahagiaan tidak datang melalui hal-hal yang kita beli, atau melalui harta benda, itu berasal dari tindakan sederhana membuat diri Anda bahagia. Resolusi sederhana ini mungkin bisa menjadi cara untuk mencapai hal ini di tahun yang akan datang sehingga dengan pemikiran ini, selamat Tahun Baru dan jangan lupa untuk selalu mencintai.

 

 

Ditulis oleh Daniel Arseneault
habisnikahngapain.com
Diterjemahkan oleh Fany Arsiyanti

 

Newsletter signup

Just simple MailerLite form!

Please wait...

Selamat Anda telah bergabung! Silahkan cek email Anda untuk mendapatkan link download eBook GRATIS dari kami.