Hmm.. Memang dia bukan pria yang cocok untuk saya”

Ini adalah sesuatu yang sering kita dengar, khususnya dari mereka yang sudah melalui perpisahan. Bahkan ini adalah sesuatu yang kita katakan pada diri kita sendiri – hanya untuk memotivasi diri kita.

Apalagi, teman-teman dan keluarga Anda memberitahu Anda bahwa Anda dan dia adalah pasangan yang sempurna. Tiba-tiba suatu hari, Anda tidak merasa seperti itu lagi. Apa yang terjadi?

Menurut Jed Diamond, seorang psikolog ternama dan penulis buku The Enlightened Marriage: The 5 Transformative Stages of Relationships and Why the Best Is Still to Come, mayoritas orang-orang menemukan cinta sejatinya. Tapi dia sendiri akhirnya sampai pada kesimpulan ini setelah pernikahannya yang ketiga dan 40 tahun penelitian klinis!

Menurutnya, masalahnya adalah orang-orang tidak bisa tetap bersama melalui semua tahapan dan banyak dari mereka macet pada tahap ketiga.

Untuk memberi Anda pandangan singkat mengenai alasan beliau, berikut ini adalah ringkasan 5 tahapan dalam hubungan yang beliau kemukakan.

TAHAP 1 – JATUH CINTA

Ah, betapa menyenangkannya perasaan ini!

Saat kita jatuh cinta, tak ada hal lain yang lebih berarti. Saat-saat seperti ini adalah saat dimana satu-satunya yang ada di benak kita adalah obyek cinta kita. Anda tidak peduli dengan kekurangan partner Anda. Pada dasarnya, Anda tidak bisa lagi berpikir secara praktis.

Anda percaya pada partner Anda. Anda punya harapan tinggi akan masa depan dan Anda bahkan sudah membayangkan punya anak darinya. Anda berada pada ketinggian dimana Anda tidak pernah ingin turun. Dan inilah yang sebenarnya mempengaruhi penilaian Anda, tapi Anda tidak peduli. Anda sedang jatuh cinta. Dan cinta ini seolah-olah seperti tidak ada tandingannya. Anda benar-benar merasa bahwa “cinta Anda” special.

TAHAP 2 – MENJADI PASANGAN

Ini adalah tahap dimana cinta Anda bertambah kuat. Anda sering pergi kencan bersama. Anda sering terlibat dalam obrolan yang dalam dan bahkan mendapatkan ciuman pertama Anda. Anda menjadi semakin dekat dengannya.

Tak berselang lama, Anda mulai saling mempengaruhi kehidupan satu sama lain. Anda terlibat dalam keluarga satu sama lain dan biasanya di tahap ini juga terjadi pernikahan. Tahap ini adalah tahap dimana Anda mulai bersatu dengan pasangan, menikmati waktu bersama dan mulai membayangkan untuk menghabiskan masa tua bersama.

TAHAP 3 – KEKECEWAAN 

Saya menyebutnyaTanjakan Curam

Anda mulai menyadari bahwa semua impian Anda tentang hidup bersama partner Anda ternyata tidak terwujud. Dalam banyak hal, partner Anda tidak seperti yang Anda harapkan. Sekarang mereka bisa ditebak dan perilakunya sudah berubah. Masalahnya adalah perilaku Anda pun juga berubah terbawa rutinitas kehidupan sehari-hari.

Anda berdua mulai mengekspresikan emosi-emosi yang lebih negative seperti kemarahan, kecemburuan, dan kekecewaan terhadap rutinitas dasar. Frustasi menjadi bagian dari hidup Anda dan Anda mulai merasa bahwa Anda butuh rehat sejenak dari segala sesuatunya karena Anda kelelahan.

Dan kemudian Anda mulai bertanya-tanya apakah Anda sudah membuat pilihan yang tepat. Anda mulai membayangkan apa jadinya jika Anda sendiri saja atau bersama orang lain.

Pada tahap ini banyak orang menyerah, karena mereka tidak benar-benar menyadari apa yang menunggu mereka di tahap selanjutnya.

TAHAP 4 – CINTA YANG LANGGENG

Jika Anda sudah mencapai tahap 4, Anda seharusnya sudah tahu ini. Anda seperti ingin selalu bersama partner Anda. Anda telah berhasil mencapai puncak “Tanjakan Curam” dan Anda dapat melihat dunia secara keseluruhan terbentang di hadapan Anda. Dan saat Anda melihat ke belakang, Anda melihat apa yang telah Anda lalui bersama partner Anda. Riwayat seperti inilah yang menyatukan Anda lebih dalam lagi.

Sekarang Anda menyadari bahwa Anda dan pasangan Anda memiliki perbedaan, tapi Anda bisa menerimanya dan belajar untuk menghadapi aspek positif maupun negative dari perilaku pasangan Anda. Di saat yang bersamaan, Anda mulai dewasa dan memahami bahwa dalam sebuah hubungan tidak hanya tentang mengambil. Anda harus beralih dari mental AKU ke mental KITA.

Begitu Anda mampu menyesuaikan diri Anda dalam hubungan tersebut, Anda akan bergerak menuju tahapan akhir bersama pasangan Anda.

TAHAP 5 – BERSAMA KITA BISA MENGUBAH DUNIA

Baiklah, perdebatan sudah berlalu, dan Anda sudah menemukan koneksi atau keterikatan yang dalam dan aman. Dengan begitu, Anda merasakan kedamaian yang membuat Anda mampu untuk berfokus pada hal yang lebih besar dalam kehidupan. Dan di saat seperti inilah Anda mampu menyimpulkan  bahwa Anda berdua punya kekuatan untuk mengubah dunia.

Setelah Anda menemukan tempat Anda dalam kehidupan masing-masing, bersama-sama Anda mulai mencari tempat pasangan Anda di dunia ini dan menemukan cara untuk mempengaruhi komunitas Anda bersama.

Menurut Jed Diamond, kebanyakan pasangan yang berpisah akhir-akhir ini hanya menyerah pada tahap 3. Seperti yang dia katakan, saatnya mengikuti pepatah lama, “Saat kamu melewati neraka, jangan berhenti.” Nasihat ini, seberapapun sulitnya, bisa mmbuat Anda berhasil melalui tahap kekecewaan dan akhirnya mampu meraih kehidupan pernikahan bahagia yang layak Anda dan pasangan Anda dapatkan

 

Ditulis oleh Daniel Arseneault
habisnikahngapain.com
Diterjemahkan oleh Fany Arsiyanti

Newsletter signup

Just simple MailerLite form!

Please wait...

Selamat Anda telah bergabung! Silahkan cek email Anda untuk mendapatkan link download eBook GRATIS dari kami.