Dear Sahabatku,

 

Kapan terakhir kali anda pergi kencan bersama pasangan anda? Kencan yang saya maksud adalah pergi berdua seperti waktu anda pacaran dulu. Dugaan saya anda sudah jarang lagi melakukan hal ini sekarang, seperti halnya banyak pasangan lain yang sudah lama menjalin hubungan. Tidak usah khawatir, saya paham cara pikir anda. Jaman sekarang ini, semua orang sibuk dengan pekerjaan mereka dan kehidupan sosial mereka sendiri-sendiri, sehingga jarang sekali bisa menyempatkan waktu untuk pasanganya. Coba pikirkan, kapan terakhir kali anda pergi berkencan dengan pasangan anda? Atau paling tidak menghabiskan waktu bersama tanpa diganggu oleh handphone dan gadget anda masing masing dirumah.

 

Sahabatku, kalau anda berharap hubungan anda kembali harmonis, cobalah meluangkan waktu untuk kencan bersama pasangan anda, hal ini bukan hanya penting, tapi sangat krusial.

Kencan ini tidak berarti anda perlu mencari babysitter untuk si kecil, dan kemudian anda pergi nonton atau ke restoran berdua saja. Kencan yang saya maksud ini bisa juga dilakukan tanpa harus keluar rumah. Intinya adalah anda luangkan waktu khusus untuk anda dan pasangan anda.

 

Terlalu sering kita menjadi malas karena pada saat mendengar kata ‘kencan’, kita selalu membayangkan hal ini harus menjadi sesuatu yang mewah, dan berkesan. Seperti misalnya harus makan malam di restoran mewah, sambil membawakan serangkaian bunga mawar yang indah. Sebenarnya tidak harus seperti itu. Intinya adalah sesederhana apapun bentuk kencanmu dengan pasanganmu, anda benar-benar mengkhususkan waktu saat itu untuk berfokus pada pasangan anda.

 

Pentingnya sebuah ‘kencan’ ini salah satunya karena di jaman sekarang ini, orang-orang sudah luar biasa sibuk dengan kehidupannya sendiri-sendiri. Akan tetapi yang perlu kita ingat adalah dalam menjaga sebuah hubungan, kita perlu berusaha dan meluangkan waktu kita. Menjaga sebuah hubungan adalah pekerjaan. Sekarang ini masyarakan senang untuk bekerja, salah satu contohnya adalah banyak yang sering bekerja sampai larut malam untuk mengejar karirnya. Akan tetapi ini bertolak belakang pada saat mereka menghadapi hubungan dengan pasangannya, mereka lebih sering untuk meninggalkannya terbengkalai.

 

Menurut saya, hubungan dengan pasangan tidak bisa dibiarkan mengalir begitu saja. Kita selalu beranggapan bahwa pasangan kita akan selalu ada di samping kita, padahal sebenarnya memelihara hubungan dengan pasangan kita adalah salah satu pekerjaan paling penting dalam hidup kita yang perlu diperhatikan secara terus-menerus.

 

Sekarang mari kita lihat contoh riilnya. Kehidupan kita sudah sangat sibuk dan padat setiap harinya, apabila kita tidak meluangkan sedikit waktu, sedikit demi sedikit rasa menghargai kita terhadap hubungan dengan pasangan akan turun, dan hal ini bisa berakhibat pada perpisahan.

 

Meskipun anda sudah menikah lima minggu, lima tahun, atau lima puluh tahun, kencan dengan pasangan hidup adalah sebuah ritual yang tidak boleh ketinggalan.

 

Sebuah survey mengatakan bahwa 45% pasangan sangat jarang melakukan ‘kencan’ seperti disaat awal mereka pacaran. Dan hanya 18% dari lainnya hanya bisa bertemu untuk kencan satu kali dalam sebulan.

 

Kenapa jumlahnya sangat kecil? Mungkin karena pacaran dan pernikahan terkesan seperti dua hal yang bertolak belakang. Ini adalah beberapa jawaban yang saya dapat dari pasangan yang bicara tentang apa itu berkencan.

“Beberapa waktu lalu, kami jalan-jalan dengan anak-anak ke kebun binatang. Itu termasuk kencan?”

“Saya menunggu diajak pergi keluar oleh suami saya”

“Oh, iya.. pergi kencan ya.. kami ada rencana untuk itu, tapi jarang sekali terlaksana”

“Harus kencan kemana kami setiap minggunya? Kami tidak punya ide kemana harus pergi”

“Kami sudah menikah sekarang, apa masih butuh kencan?”

“Ya, kadang-kadang kita kencan keluar bersama, tapi jarang punya waktu!”

“Pergi kencan tiap minggu sepertinya cukup mahal di jaman sekarang ini”

 

Kata mereka, kencan di jaman sekarang ini merupakan hal yang cukup mewah. Sahabatku, saya beritahu anda sesuatu. Kencan bukanlah hal yang mewah, tapi merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Disamping itu, hal ini lebih murah dibandingkan terapi, lebih murah dibandingkan mengurus perceraian, dan lebih menyenangkan untuk dilakukan.

 

Meluangkan satu malam khusus bersama pasangan anda adalah hal yang luar biasa, baik untuk pasangan yang sudah memiliki anak, pasangan yang baru saja menikah, ataupun untuk mereka pasangan yang sedang menghadapi permasalahan dalam kehidupan rumah tangganya. Hal ini penting karena semua pasangan, dalam keadaan apapun itu, membutuhkan waktu khusus bersama pasangannya.

 

Hal ini tidak selalu terjamin dapat menyelamatkan pernikahan yang sudah diambang perpisahan, akan tetapi ini sebuah investasi dalam membentuk hubungan yang lebih baik di masa depan. Pergi berkencan dengan pasangan anda adalah salah satu cara, dari banyak cara untuk membuat pernikahan anda bahagia.

 

Jadi ini yang saya ingin anda lakukan sekarang. Dengan atau tanpa bantuan dari pasangan anda, rencanakan satu buah kencan dalam 7 hari kedepan. Tidak perlu harus menjadi kencan yang sangat mewah, sangat berkesan, ataupun butuh waktu yang lama. Mulailah dari bentuk kencan yang singkat dan mudah. Mungkin hanya 1-2 dimana anda dan pasangan anda bisa berdua, tanpa terganggu apapun. Matikan ponsel anda, minta tolong seseorang untuk mengawasi anak anda (apabila anda sudah memiliki anak), dan pastikan anda dapat melihat langsung satu dengan yang lainnya saat anda berdua mulai bicara. Rahasianya adalah anda perlu focus kepada pasangan anda. Perlu diingat juga bahwa anda sebaiknya tidak membicarakan berbau logistik, seperti tentang tagihan rumah atau tentang keluarga dan permasalahan rumah lainnya. Anda hanya perlu berfokus pada pasangan anda, dan nikmati moment itu sekarang. Bayangkan seakan-akan ini kencan pertama anda. Gunakan pakaian yang paling menarik, bayangkan rasa gelisah anda seperti halnya saat anda pertama kali bertemu, bayangkan bagaimana anda akan menciumnya pada saat anda berkencan. Ciptakan sebuah momen dan bersenang-senanglah pada saat itu, saya yakin anda tidak akan kecewa dengan hasilnya.

 

Saya akan kirimkan rahasia kelima dalam beberapa hari lagi.

 

Sampai lain waktu,

Be loving.